Jenius di Bidang Dirgantara, Habibie Rupanya Kolektor Mobil Klasik Jerman


Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) wafat pada usia 83 tahun di Jakarta, Rabu (11/9/2019). Dikenal sebagai jenius di bidang dirgantara, Habibie rupanya salah satu penggemar mobil-mobil klasik buatan Jerman.

Informasi tentang koleksi kendaraan BJ Habibie diperoleh dari channel YouTube Kevin Hendrawan. Pada 2017 lalu, YouTuber tersebut mendapat kesempatan berkunjung ke rumah Habibie.

Saat memasuki garasi, Kevin dibuat takjub dengan pemandangan sejumlah kendaraan yang berbaris rapi. Nyatanya, BJ Habibie merupakan seorang kolektor mobil mewah pada masanya.

Koleksinya itu mencapai 70 unit mobil dan didominasi oleh merek Mercedes-Benz (Mercy) seri klasik serta beberapa koleksi motor gede (Moge).

Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah Mercedes Benz 300SL Gullwing. Mobil yang diproduksi antara 1954 hingga 1957 memiliki pintu yang dibuka secara vertikal dan merupakan seri sport pertama Mercedes dengan pintu gullwing.

Untuk spesifikasinya sendiri, Mercy Gullwing 300SL memiliki mesin berkapasitas 2996 cc dimana saat itu dibuat dengan menggunakan mesin bertipe naturally aspirated petrol dengan kode M 198 I / 198.980 dan memiliki 6 buah silinder segaris.

Selain itu, ada pula 12 katup yang terpasang di dalamnya sehingga tak heran mesin ini mampu menyemburkan power maksimum 215 PS setiap berada di putaran 5800 rpm dengan torsi maksimum 275 Nm setiap 4600 rpm.

Kesukaan Habibie terhadap mobil-mobil Jerman wajar semata. Sejak akhir 1950an, ia sudah menetap di Jerman sebagai mahasiswa dan menghabiskan dekade 1960 hingga pertengahan 1970 di negara itu untuk berkarier di bidang dirgantara. [sra]


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenius di Bidang Dirgantara, Habibie Rupanya Kolektor Mobil Klasik Jerman"

Posting Komentar