Kesan Singkat Bersama Nissan Leaf: Senyap, Responsif


Menjelang peluncurannya di Indonesia pada 2020 mendatang, Nissan Leaf mulai unjuk gigi di Tanah Air. Pada Senin (9/9/2019) para jurnalis, termasuk dari Suara.com diundang Nissan mencicipi kemampuan mobil listrik terlaris di dunia itu.

Bertempat di sebuah fasilitas pengujian kendaraan Karawang, Jawa Barat test drive Nissan Leaf itu digelar agar publik bisa merasakan sensasi unik berkendara di atas mobil listrik murni.

Suara.com sempat ikut menguji Nissan Leaf selama tiga putara. Kesan pertama yang diperoleh adalah senyap. Berbeda dari mobil berbahan bakar minyak, Leaf yang ditenagai baterai berkapasitas 40kWh, melesat nyaris tanpa bunyi.

Yang terdengar selama mobil melaju hanyalah suara pendingin udara atau AC. Tetapi ketika mobil melesat di atas kecepatan 100 km/jam suara baru terdengar, meski lebih mirip desingan pesawat ketimbang deru mesin mobil.


Soal akselerasi, Nissan Leaf juga tak mengecewakan. Performa mobil yang ditumpangi Suara.com sempat dipacu serentak dan hanya dalam beberapa detik kecepatan 100 km/jam dicapai. Dalam kecepatan tinggi, tikungan bisa dilintasi dengan stabil.

Dengan baterai terpasang, Nissan Leaf diklaim mampu melahap jarak maksima 400 km. Sayang dalam pengujian tadi, para awak media tidak sempat membuktikan klaim tersebut karena lintasan serta waktu yang terbatas.

Nissan Leaf akan diluncurkan di Indonesia pada 2020 mendatang. Meski demikian Nissan Motor Indonesia (NMI) - agen pemegang merek mobil Nissan di Indonesia - belum membeberkan waktu pastinya. NMI juga belum membocorkan harga mobil listriknya tersebut di Tanah Air. [sra]


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesan Singkat Bersama Nissan Leaf: Senyap, Responsif"

Posting Komentar