Makanan Terbaik yang Bisa Dikonsumsi Saat Sakit


Meskipun pada dasarnya kita menginginkan nutrisi tambahan yang banyak, namun makanan yang dikonsumsi berpatokan pada karbohidrat yang mudah dicerna. Untungnya, makanan yang penuh karbohidrat ini sering kali kita inginkan ketika merasa sakit.

Dilansir dari Runnersworld, Kamis (24/10), ahli gizi dan para dokter memilih untuk memakan makanan ini agar merasa lebih baik ketika gejala penyakit menyerang.

Teh Hijau
Selain itu, teh menjadi keharusan mutlak ketika tidak enak badan menyerang. Pasalnya, selain kualitas yang menenangkan, teh juga nyatanya bisa membantu mendapatkan kembali cairan yang dibutuhkan tubuh, terutama jika sedang demam atau perut buncit.

"Tidak ada yang memberikan kenyamanan sebanyak mug dengan teh yang beruap," Kata penulis buku A Guide to Eating-Based Eating, Ryan Andrew.

Menurut dia, teh hijau khususnya, mengandung segala nyawa yang bermanfaat. Di mana satu hal yang terkandung di dalamnya dan disebut quercetin, dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.


Baik itu dicampur ke dalam teh, oatmeal ataupun yogurt, bahkan jika diminum dari sendok secara langsung, madu bermanfaat untuk dikonsumsi, termasuk ketika sakit menyerang.

"Sifat antibakteri madu itu memiliki berbagai efek positif dalam memerangi flu," jelas praktisi kesehatan holistik, Elena Villanueva.

Sambung dia, madu juga bisa bertindak sebagai penekan batuk dan membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Ia merekomendasikan untuk menambahkan madu ke dalam teh atau air lemon panas. Selain itu ia juga mengatakan bahwa madu bunga liar lokal yang tidak disaring, terkenal dengan sifat antimikroba nya.

"Ini juga bertindak sebagai penekan batuk dan membantu menyembuhkan sakit tenggorokan."

Sereal
Di urutan kelima, Taub-Dix kembali menyarankan untuk memakan semangkuk sereal. Terlebih ketika badan memang membutuhkan sesuatu yang sederhana, nyaman dan mudah dicerna.

 "Jika saya memiliki masalah perut, saya memilih susu almond daripada susu untuk memudahkan pencernaan," katanya.

Smoothies
Untuk meningkatkan asupan cairan dan menyelipkan beberapa buah dan sayuran tanpa harus mengunyahnya, Taub-Dix juga memadukannya menjadi smoothie.  Smoothie biasanya dimulai dengan dasar susu almond, ditambah bayam dan pisang beku, dan satu sendok makan mentega almond untuk protein.

Alex Caspero, juga memilih hal yang sama. Terlebih, ia memiliki kombinasi khusus, di mana campuran tersebut adalah satu cangkir jus delima, enam ons yogurt dan satu cangkir stroberi.

Dia menegaskan, jus delima nyatanya mengandung lebih banyak antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan. Daripada anggur merah, ia menyarankan jus anggur atau teh salam.

Kacang dan Biji
Diakhir, ketika merasa sakit tapi tetap ingin mengunyah, Andrews menyarankan untuk mengkonsumsi segala jenis kacang-kacangan dan biji-bijian. "Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan vitamin E dan seng, dua nutrisi yang diperlukan untuk fungsi kekebalan tubuh yang optimal," katanya.

Sambung dia, kacang pinus, kacang mete, biji rami, almond, dan biji labu adalah pilihan yang bagus.

Memilih makanan sangat penting untuk pemulihan dari gejala pilek ataupun flu. Meskipun sulit untuk menghadapinya, namun nyatanya musim dingin yang membawa flu sudah dekat.

Menyadari hal tersebut, ini sudah menjadi saatnya untuk mengisi tempat penyimpanan makanan ataupun dapur, dengan makanan yang menenangkan dan memberikan nutrisi tambahan. Hal tersebut tentu ditujukan untuk menambah kekebalan yang dibutuhkan tubuh untuk menjadi lebih kuat dan tidak rentan penyakit.

"Meskipun kita makan makanan berbeda ketika sakit, namun hal yang dibutuhkan dan diinginkan tubuh adalah bagaimana caranya memecah makanan tersebut, dan untuk menjaganya tetap sederhana," Kata ahli diet dan penulis "read it before eat it" Bonnie Taub-dix.

Meskipun pada dasarnya kita menginginkan nutrisi tambahan yang banyak, namun Taub-Dix merekomendasikan untuk berpatokan pada karbohidrat yang mudah dicerna. Untungnya, makanan yang penuh karbohidrat ini sering kali kita inginkan ketika merasa sakit.

Berdasarkan hal tersebut, ahli gizi dan para dokter memilih untuk memakan makanan ini agar merasa lebih baik ketika gejala penyakit menyerang.

Oatmeal
"Oatmeal adalah makanan penghibur utama saya ketika saya tidak merasa sehat," kata Taub-Dix, dilansir dari Runnersworld, Kamis (24/10).

Namun demikian, sambung dia, ketika merasa sakit dan masuk angin mulai menyerang, ia memiliki cara untuk menanganinya ketika nafsu makan masih ada. Diantaranya adalah menambahkan sesendok penuh mentega almond, Ricotta atau keju cottage untuk meningkatkan protein. Di mana hal tersebut mendukung penyembuhan dan menambah tekstur juga.

Kentang Panggang
Karbohidrat lain yang mudah untuk dicerna adalah kentang panggang. Kentang merupakan bahan dasar yang pasti untuk hidangan kala cuaca tidak mendukung.

"Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kentang menyediakan vitamin C, nutrisi penting untuk penyembuhan, dan serat, nutrisi penunjang usus juga yang sulit didapat," kata Taub-  Dix. Dia menegaskan, jika ingin makan lanjutan, maka dengan menambahkan protein ke kentang dengan keju cottage ataupun yogurt Yunani menjadi pilihan tepat.

https://gayahidup.republika.co.id/berita/pzvyq4463/makanan-terbaik-yang-bisa-dikonsumsi-saat-sakit-1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Terbaik yang Bisa Dikonsumsi Saat Sakit "

Posting Komentar