Tes CPNS Dibuka November, Ayo Atur Strategi!


Pemerintah pada November 2019 akan membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS). Ingin ikut serta?

Psikolog Viva Darma Putri MPsi menyarankan peserta tes menyiapkan strategi untuk memuluskan target lolos ujian CPNS. Ia mengatakan, setiap peserta seharusnya sudah riset tentang kemungkinan yang akan dihadapinya, terutama menyangkut soal ujian, dan sering berlatih.

"Berlatih mengerjakan soal-soal latihan itu sebenarnya melatih kita mempersiapkan diri baik secara kognitif maupun psikologis," ujarnya di Pontianak, Jumat.

Viva mengatakan bahwa contoh-contoh soal banyak tersedia di aplikasi ponsel. Menurutnya, itu sebenarnya bisa memudahkan peserta tes CPNS untuk belajar.

Peserta tes CPNS, menurut Viva, memiliki jeda waktu antara pendaftaran dan tes. Untuk itu, mereka dapat mengatur waktu yang tersedia untuk mempersiapkan diri. Hari pertama, contohnya, peseta dapat mencermati soal ujian terdahulu.

"Hari kedua, coba kerjakan soal-soal dan dihitung waktu pengerjaan per sesi, sehingga kita jadi mendapatkan gambaran kalkulasi waktu untuk pengerjaan per soal per sesi," jelas Viva.

Untuk menghemat waktu, Viva merekomendasikan agar peserta tes CPNS selalu mengerjakan yang mudah terlebih dahulu. Dengan begitu, waktu yang tersisa bisa dipakai untuk mengerjakan soal yang sulit.

"Sehingga peserta CPNS tadi mampu membuat manajemen waktu untuk mengerjakan soal-soal tersebut," papar dia.

Viva menyerukan agar peserta tetap tenang dalam mengerjakan soal. Jika sudah panik, biasanya akan terjadi kebuntuan dalam berpikir.

"Soal yang sebenarnya tidak sulit menjadi sulit lalu panik karena waktu sudah mau habis," kata dia.

Untuk dapat menjawab soal dengan benar dan cepat, menurut Viva, kuncinya ada di latihan. Bahkan, atlet pun untuk mencapai juara harus berlatih terus menerus hingga batas maksimal.

"Siswa SMA saat mengerjakan UAN pun latihan soal berbulan-bulan untuk menghadapi ujian nasional, begitu pula dengan peserta CPNS yang seharusnya berlatih soal dan berlatih manajemen waktu untuk mengerjakan soal tes CPNS tersebut," jelas dia.

Peserta CPNS, menurut Viva, juga harus menyiapkan mental andaikan tidak lolos. Ia tak hendak mengajarkan untuk pesimis, namun lebih ke menyiapkan mental jika gagal.

"Jadi tidak merasa terlalu terpuruk. Ada baiknya mempunyai rencana cadangan jika tidak lolos tes," ujar Viva.

sumber : https://gayahidup.republika.co.id/berita/pz6vxj414/tes-cpns-dibuka-november-ayo-atur-strategi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tes CPNS Dibuka November, Ayo Atur Strategi!"

Posting Komentar