Ini Mengapa Kucing Selalu Mendarat Dengan Selamat, Tak Pernah Jatuh


Meski kucing adalah binatang yang kerap kita temui sehari-hari, banyak aspek dalam kehidupan binatang imut tersebut yang tak kita pahami.

Tak cuma dari perilakunya, kita seringkali dibingungkan dengan kemampuan kucing yang hampir tak pernah jatuh, meski ia tergelincir dari atap lantai tiga sekalipun.

Sebagaimanapun kondisi kucing saat akan mendarat, entah dia tak sengaja terjatuh dari atap, maupun ketika terpeleset saat mengejar tupai di pohon, si binatang berbulu ini akan mendarat dengan selamat di tanah. Seakan, kucing selalu mendarat sempurna di keempat kakinya.

Mengapa bisa demikian? Sains bisa menjawabnya.

Menurut penelitian yang dihelat oleh BBC untuk acara televisi besutannya, "Life In The Air", BBC meneliti seekor kucing dengan ras caracel dari Afrika, hanya untuk melihat manuver sang kucing mendarat.

Ternyata hal ini tak rumit, di mana triknya hanya di fisik dari kucing. Ketika di udara dalam keadaan akan mendarat, kucing memutar bagian atas tubuhnya ke arah tertentu, dan bagian bawah tubuhnya ke arah sebaliknya.

Hal ini membuat ketika kucing di udara, kucing tampak seperti terpelintir.

Dari sini sang kucing mendapat gambaran untuk mengontrol bagaimana kaki depannya untuk mendarat, dan bagian belakang tubuhnya akan mengikuti dengan cepat, mengingat ketika terpelintir tentu bagian tubuh akan kembali lebih cepat. Hal ini juga berlangsung dengan sangat cepat.

Dengan ini, keempat kaki kucing bahkan sudah siap untuk mendarat bahkan ketika masih melayang di udara.

sumber, https://www.merdeka.com/teknologi/ini-mengapa-kucing-selalu-mendarat-dengan-selamat-tak-pernah-jatuh.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Mengapa Kucing Selalu Mendarat Dengan Selamat, Tak Pernah Jatuh"

Posting Komentar