Pakai Pelumas Motor Kopling Buat Skutik, Apa Dampaknya ?


Pelumas menjadi salah satu instrumen penting dalam mendukung performa sepeda motor. Sayangnya, masih banyak pengguna sepeda motor yang sembarangan dalam memilih pelumas.

Salah satu yang sering dilakukan adalah menggunakan pelumas yang tidak sesuai dengan jenis sepeda motornya. Semisal, menggunakan pelumas motor kopling untuk matic maupun sebaliknya.

Lalu apakah kebiasaan tersebut akan berdampak terhadap performa sepeda motor. Dalam hal ini, Technical and Training Service Engineer Motul Indonesia, Isadat Salam mengatakan, hal tersebut bisa saja dilakukan. Hanya saja, motor tidak akan mendapat keuntungan dari penggunaan pelumas tersebut.

"Sebenarnya ada dua kelebihan pakai pelumas khusus. Pertama, bisa menahan panas dan pasti lebih irit," ujar Isadat, beberapa waktu lalu, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, kalau pelumas motor kopling itu dirancang untuk melumasi tiga hal, yakni mesin, kopling dan trasmisi, otomatis resistencenya lebih besar daripada oli skuter.

"Kalau pelumas skuter temperaturnya pasti lebih rendah, itu yang membedakan," paparnya.

Oleh karena itu, disarankan menggunakan oli yang sesuai dengan jenis motornya. Pasalnya, hal ini akan membantu performa mesin jadi lebih baik. (suara.com)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pakai Pelumas Motor Kopling Buat Skutik, Apa Dampaknya ?"

Posting Komentar