New Astra Daihatsu Sigra, Kontribusi Pemuda untuk Indonesia


Astra Daihatsu Motor (ADM) mengundang sejumlah jurnalis otomotif untuk merasakan performa New Astra Daihatsu Sigra yang resmi meluncur September lalu.

Sebanyak total 10 unit New Astra Daihatsu Sigra dengan varian tertinggi R Deluxe dijajal mulai dari dalam Kota Bandung hingga menuju dataran tinggi di Lembang selama dua hari, pada 10-11 Oktober 2019.

Di sela-sela acara test drive, Daihatsu juga berbagi informasi seputar proses pengembangan New Astra Daihatsu Sigra, yang ternyata merupakan keberhasilan pertama anak bangsa dalam melakukan semua proses pengembangan minor change ini di R&D ADM Indonesia.

Pada sesi ini, ADM melakukan sharing dalam melakukan proses pengembangan sebuah produk, khususnya New Sigra. Secara garis besar, proses ini memiliki tiga tahap utama, yaitu dimulai dari styling process, engineering process, dan test & validation process.

Pada tahap pertama styling process, Daihatsu mengawalinya dengan survey pasar, pencarian konsep, sketsa gambar, clay modeling, dan perwujudan Data 3 Dimensi.


Selanjutnya dimulai proses engineering, dimana gambar desain mobil tadi diubah menjadi gambar tehnis untuk menerapkan desain konstruksi terbaik pada setiap bagian dan diwujudkan dengan proses pembuatan prototype yang siap untuk diproduksi.

Lalu dalam proses test & validation, produk prototype tadi diuji performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya untuk memastikan mobil yang diproduksi Daihatsu sesuai dengan kondisi Indonesia dan berkualitas global.

Sebagai informasi, Fasilitas R&D Center Daihatsu di Indonesia yang bermarkas di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat ini dibangun sejak 2011.

R&D Center Daihatsu memiliki fasilitas Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam kondisi jalan yang mewakili medan jalanan di Indonesia, serta empat tipe tanjakan, test banjir dan lumpur dengan luas total sebesar 25 hektare.

Daihatsu merupakan perusahaan manufaktur pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas R&D Center terbesar dan terlengkap dimana proses pengembangan 100% dilakukan oleh putera-puteri bangsa.

Pembangunan R&D Center ini merupakan komitmen Daihatsu dalam memajukan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di Indonesia, serta menjadi aset nasional yang membanggakan.

"Daihatsu di Indonesia selalu berusaha mengembangkan kemampuan dan kompetensi anak bangsa, agar memiliki kemampuan rancang bangun produk otomotif nasional dengan kualitas global. New Astra Daihatsu Sigra merupakan produk minor change ke-5, yang semua pengembangannya dilakukan oleh para engineer anak bangsa di R&D PT Astra Daihatsu Motor Indonesia," jelas Soni Satriya, R&D Design Engineering Executive Coordinator ADM. [ikh]

sumber : https://teknologi.inilah.com/read/detail/2549216/wujud-kontribusi-anak-bangsa-untuk-indonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "New Astra Daihatsu Sigra, Kontribusi Pemuda untuk Indonesia"

Posting Komentar